Knoppix 3.4 di mesin MB02

Knoppix 3.4 diinstall ke harddisk dengan perintah knoppix-installer

Perangkat yang sudah berhasil dijalankan

Ethernet onboard

Otomatis dikenal oleh hotplug. Driver yang dipakai adalah e100.

WiFi

Otomatis dikenal. Driver yang dipakai adalah ipw2100.

Untuk bergabung dengan access point yang diset dengan ESSID tertentu dan WEP, dapat digunakan iwconfig

# iwconfig eth0 essid "FOO"
# iwconfig eth0 enc "the-wep-key-here"
# pump -i eth0

USB

Otomatis dikenal. hotplug mengaktifkan driver usb-uhci. Untuk mengaktifkan USB 2.0, tambahkan ehci-hcd di file /etc/modules.

Sound

Otomatis dikenal lewat hotplug, driver yang dipakai adalah i810_audio. Suara dari speaker internal terdengar normal, tetapi saya belum berhasil mengaktifkan jack headphone.

Update: Ternyata saya lupa menaikkan volume di headphone, sebenarnya suara via jack headphone keluar dengan baik.

Modem

Membutuhkan driver tambahan, yang mesti di-compile sendiri. Sumber driver dapat diambil dari ftp://ftp.smlink.com/linux/unsupported/slmodem-2.9.7.tar.gz.

Langkah untuk menyiapkan driver:

Kalau Anda belum berhasil melakukan kompilasi sendiri, silahkan coba memakai file hasil kompilasi saya: slamr.o yang mesti disalin ke /lib/modules/2.4.26/misc dan slmodemd yang perlu disalin ke /usr/sbin

Setelah proses tersebut dijalankan, maka modem bisa diakses dari /dev/ttySL0. Untuk melakukan koneksi ke internet, bisa digunakan wvdial yang disiapkan dengan langkah berikut:

ACPI

Langsung dikenal. Apabila KDE dijalankan, akan muncul lambang batere di sebelah jam, di pojok kanan bawah. Indikator batere akan menyajikan seberapa banyak isi batere, dan perkiraan umur batere.

Right-click pada icon tersebut akan memberikan opsi kepada kita untuk mengoperasikan CPU pada berbagai tingkat: 1600, 1200, 1000, 800, 600 MHz, dengan tingkat konsumsi energi masing-masing 32, 24, 20, 16, dan 12 watt.

Ada masalah dengan ACPI di Knoppix 3.4 ini. Apabila lid ditutup lalu dibuka lagi, maka utilisasi prosesor langsung melonjak, terpusat pada proses [keventd].

FireWire

Langsung dikenal, dengan driver ohci1394. Belum diuji dengan divais FireWire. Ada yang mau meminjamkan? ;-)

PCMCIA

Langsung dikenal (Knoppix memang moooy). Belum dipakai, karena berbagai kebutuhan sudah terpenuhi oleh perangkat-perangkat bawaan.

VGA

Langsung dikenal. X berjalan pada resolusi 1024x768 24 bpp. Driver yang dipakai adalah i810.

Ada sedikit masalah apabila Fn+F3 (untuk berpindah dari LCD ke VGA eksternal, dan kombinasinya) ditekan. Akan kembali normal setelah berpinda ke konsol virtual dan kembali ke X (tekan Shift+Alt+F1 lalu Alt+F7).

DVD

Tidak ada masalah. xine bisa dipakai untuk memainkan DVD, VCD, maupun file-file multimedia .avi, .mpg, dll. Menulis ke CD-R atau CD-RW dapat dilakukan melalui aplikasi k3b yang sudah terpasang pada Knoppix 3.4.

Touchpad

Langsung dikenal. Sentuhan pada touchpad juga bisa berfungsi sebagai "click".